Selasa, 01 Mei 2012

TemuLawak



Nama Lain : Temulawak (Jawa), Temu lobak (Madura), Koneng gede (Sunda).
Nama tanaman Asal : Curcuma xanthorrhiza.
Nama Asing: Java turmeric (Inggris), Jiang huang (China), Wan chak mot luk (Thailand), Shu gu jiang huang (China), Kurkum (Arab), Temu lawas (Malaysia).

Senyawa Aktif

Kurkumin, xanthorrhizol, dan germakron. Rimpang Temulawak juga mengandung zat pati, serat kasar, dan minyak asiri. Minyak asiri bersifat meningkatkan produksi getah empedu dan mampu menekan pembengkakan jaringan di dalam tubuh.

Manfaat Temulawak Sebagai Obat

1.     Antikolesterol dan Antistroke.
Prof. Dr. Suwijiyo Pramono Apt dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada menyatakan bahwa Tanaman Obat Temulawak ampuh untuk mengatasi kolesterol. Jika kolesterol jahat berkurang, stroke  pun dapat dicegah.
2.    Hepatoprotektor.
Temulawak berkhasiat dalam membantu detoksifikasi di hati, melindungi liver, dan meningkatkan sekresi cairan empedu. Efeknya, proses pencernaan menjadi lancar.
3.    Mencegah kanker.
Senyawa kurkumin dalam Temulawak berperan sebagai antioksidan dan antitumor yang berkhasiat menetralkan racun dan radikal bebas, penyebab kanker.
4.  Mencegah radang sendi (osteoarthritis).
Efek anti radang dari Temulawak diperoleh dari kandungan kurkumin yang dimilikinya.

Masyarakat sudah lama menggunakan Temulawak  untuk mengobati hepatitis, radang hati, radang empedu, radang ginjal, batu empedu, kurang nafsu makan, diare, wasir, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menurunkan kolesterol tinggi. Kini, hasil penelitian modern telah membuktikan khasiat empiris Temulawak tersebut. Karena itu, banyak produk herbal modern yang memasukkan Temulawak ke dalam daftar bahan baku mereka, misalnya,  Curcumag Kapsul, terbuat dari Temulawak, Kunyit, dan Temuputih, yang berkhasiat dalam membantu memelihara kesehatan pencernaan, membantu mengatasi sakit maag, membantu menambah nafsu makan, memelihara kesehatan hati dan membersihkan darah.


Sumber : http://www.simplisia.com/simplisia/temulawak

1 komentar: